Kalimantan UtaraNunukan

Pastikan Kapal-Kapal Berlayar Sesuai Prosedur Diwilayah Perbatasan

×

Pastikan Kapal-Kapal Berlayar Sesuai Prosedur Diwilayah Perbatasan

Sebarkan artikel ini

MITRARADAR.COM/NUNUKA – Patroli perbatasan akan terus di lakukan guna memastikan semua kapal-kapal yang melakukan aktifitas bongkar muat sesuai ketentuan sehingga tidak ada lagi yang tidak melengkapi dokumennya, hal ini untuk menjamin keselamatan awak kapal muatan dan barang yang diangkut.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk, Syaharuddin mengatakan, Kami berharap para awak kapal dapat mematuhi aturan yang berlaku diperairan khususnya Indonesia, baik tata cara berlalu lintas, pemuatan yang aman dan memiliki dokumen yang berlaku dan disertai surat persetujuan kegiatan atau persetujuan berlayar dari Syahbandar setempat.

Baca Juga:   Bupati Nunukan Sarankan, Pelatihan Kompetensi Kerja Harus Terus Dilakukan

” Patroli perairan akan selalu kami lakukan secara terus menerus karna hal itu sudah menjadi bagian dari tugas kami yakni penegakan hukum di bidang tindak pidana pelayaran sesuai bunyi Undang-undang 17 tahun 2008 tentang pelayaran, dan dijelaskan juga bahwa Syahbandar melaksanakan tugas sebagai Pejabat Penyidik Pegawai negeri sipil sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” Kata Syaharuddin, Minggu (12/05/2024).

Lebih lanjut, Syaharuddin menjelaskan, bahwa dirinya dan tim mengedepankan pembinaan dan persuasif kepada setiap pelaku kegiatan di lapangan guna mewujudkan asas manfaat , kepentingan umum , keterpaduan serta tegaknya hukum. Kami melihat alhamdulillah secara perlahan terjadi perubahan yang positif baik para awak kapal, owner ship, agen dan lainnya, dapat memahami pentingnya setiap kegiatan memiliki izin sehingga dalam kerja tidak timbul keraguan akan pelanggaran hukum.

Baca Juga:   Lepas Peserta Jalan Santai HUT ke-18 Perumda Air Minum Tirta Taka Nunukan, Ini Pesan Bupati Laura

” Kami berharap sebatik ini akan semakin maju dan berkembang dimulai dari sektor maritim, mengingat sebatik merupakan pulau dikelilingi lautan dan berbatasan langsung dengan negara tetangga malaysia sehingga dari sekarang harus di persiapkan baik pemahaman sdm dan juga transportasi laut yang laik laut untuk menyambut kemajuan yang akan terjadi nantinya,” Ujarnya.

Tindakan hukum juga dapat kami lakukan bila melihat hal tersebut sudah tidak dapat lagi diberikan peringatan atau hal-hal yang membahayakan keselamatan.

Baca Juga:   Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia IJTI Kaltara Kampanyekan Jurnalisme Positif Sambut Pemilu 2024

” Kami berharap patroli perairan ini dapat lebih menumbuhkan semangat kesadaran bagi setiap masyarakat yang beraktifitas di perairan bahwa pentingnya memiliki izin atau dokumen yang lengkap setiap kegiatan serta lebih mengutamakan keselamatan agar keselamatan dirinya dan harta bendanya terjaga dan melindungi lingkungan maritim,” Harapnya.(Sahabuddin)

Editor : Anto

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights